JMS Sports Hall

Keuntungan Dari Pembelajaran Sekolah Internasional Dengan Kurikulum Cambridge

Sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge mungkin sering kita dengar. Namun, sebenarnya tidak semua institusi yang mengklaim bahwa mereka mengadopsi kurikulum Cambridge dan benar-benar memiliki sertifikasi. Untuk itulah, perlu pemahaman lebih lanjut akan ciri-ciri sekolah yang mengaplikasikan kurikulum dari institusi yang sudah memiliki nama besar ini. 

Bagaimana Metode Sekolah Internasional dengan Kurikulum Cambridge?

Pada dasarnya, sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge pasti mengaplikasikan metode Montessori. Metode ini adalah metode pembelajaran yang memudahkan anak memahami pelajaran sesuai dengan kemampuan mereka.  Tetapi, tidak semua sekolah yang memiliki metode pembelajaran Montessori telah mengaplikasikan kurikulum Cambridge. Pada dasarnya, keistimewaan kurikulum ini merupakan salah satu langkah terbaik untuk orang tua yang ingin anak mereka mendapatkan metode pembelajaran yang memberatkan, namun tetap efektif. 

Cambridge Internasional sebagai dasar dari sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge sudah tidak asing lagi di Indonesia. Jakarta menjadi salah satu kota dengan beberapa sekolah yang telah mengaplikasikan kurikulum ini. Hal ini tentu tidak mengejutkan karena ibukota negara merupakan salah satu kota dengan jumlah ekspatriat terbanyak. Mereka tentu memilih sekolah yang dapat mengakomodir kebutuhan anak-anak mereka. 

Tetapi, sekolah Internasional dengan kurikulum ini juga menarik para orang tua lokal, yang menginginkan institusi pendidikan terbaik untuk anak mereka. Mereka menganggap bahwa jika anak mereka mendapatkan kurikulum ini, maka mereka akan terbiasa dengan metode pembelajaran di negara manapun yang nantinya mereka kunjungi. Memang, kurikulum Cambridge punya visi luas yang mana kurikulum ini mengejar misi akan pengembangan kemampuan anak, bukan dari hasil akhir nilai mereka, tetapi dari proses yang mereka jalani. 

Faktor inilah yang membuat para orang tua dengan wawasan luas ingin menyekolahkan anak mereka di sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge. Mereka telah menyadari bahwa metode pendidikan yang memaksa anak untuk sekedar menghafal pelajaran sangat membelenggu kreativitas mereka. Anak hanya dipaksa untuk belajar teori dan mengejar nilai semata. 

Proses pembelajaran yang menuntut anak untuk terus menghafal tidak sama hasilnya pada anak dengan karakter dan kemampuan berbeda. Di sinilah mengapa penting bagi orang tua untuk memperhatikan tumbuh kembang anak, melalui pilihan sekolah yang tepat. 

Kurikulum Cambridge memiliki penekanan pada pengembangan bakat serta minat murid. Jika murid tidak berminat dan tidak berbakat akan sebuah bidang studi, tentu ia tidak akan dapat memahaminya secara mendalam. Hal inilah yang menjadi perhatian utama dari sekolah-sekolah berbasis kurikulum ini. Siswa harus dapat memahami pelajaran dengan cara yang membuatnya nyaman dan senang. Jika tidak, maka mereka akan tertekan dan justru tidak akan dapat menangkap pelajaran dengan baik. 

Keuntungan sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge

Dari ulasan diatas, bukan berarti kurikulum Cambridge membuat anak menjadi santai. Sebaliknya, kurikulum ini dapat membentuk karakter dan kemampuan siswa, sehingga ia dapat menguasai persaingan secara global. Mereka yang bersekolah di sekolah umum mendapatkan ‘target’ untuk mencapai nilai tertentu di ujian nasional, dan mereka yang memiliki nilai buruk tidak dapat masuk ke sekolah favorit. Tak jarang kita mendengar banyak kasus anak stress hingga bunuh diri karena tidak dapat mencapai apa yang ia inginkan. 

Pastinya, tidak ada orang tua yang menginginkan hal ini. Mereka yang sadar bahwa tumbuh kembang anak dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan psikis yang baik, lalu bisa menjatuhkan pilihan pada sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge. Terlebih, banyak sekali keuntungan dari pembelajaran dengan metode ini. Keuntungan tersebut antara lain: 

1. Anak Fasih Berbahasa Inggris

Mungkin banyak yang bertanya apakah anak dapat berbahasa Inggris dengan fasih hanya karena sekolah tersebut memiliki kurikulum Cambridge.  Memang, banyak sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Fasih berbahasa Inggris tidak cukup.
Kurikulum Cambridge mengaplikasikan bahasa Inggris baku yang dipergunakan oleh mayoritas kampus-kampus berkelas Internasional. Siswa yang bersekolah di sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge dapat mengaplikasikan bahasa Inggris untuk reading, listening, speaking dan writing, bukan lagi dengan metode English for Foreign Language, tetapi English for Second Language.  Perbedaan mendasar ini sangat penting dalam evaluasi kemampuan siswa saat akan menuju jenjang pendidikan lebih tinggi.

2. Memiliki cara pandang Internasional

Cara pandang Internasional sangat penting saat siswa akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri, terutama di negara-negara maju. Kurikulum Internasional Cambridge telah menetapkan standar global dalam metode pendidikan yang telah mendapat pengakuan dari universitas serta perusahaan berskala raksasa di seluruh dunia.
Siswa tidak akan merasa berat karena kurikulum ini sangat fleksibel meskipun dapat tetap menantang siswa untuk dapat menaklukkan kesulitan dengan cara yang menyenangkan. Dengan pemahaman akan sudut pandang Internasional, siswa dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan baru, terutama di negara-negara dengan level pendidikan yang tinggi. 

3. Pendidikan yang modern dan terbaru

Semua siswa lulusan sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge dapat berbangga karena mereka sukses menempuh pendidikan dengan metode modern yang sesuai dengan perkembangan teknologi.
Teknologi yang terus berkembang dengan cepat menuntut siapapun untuk dapat bersaing, terutama di dunia kerja. Siswa yang telah terbiasa dengan kurikulum ini selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan rasa keingintahuan mereka akan hal-hal terbaru. Selain semangat untuk mengaplikasikan teknologi terbaru, mereka juga mendapat dukungan dari fasilitas tercanggih dari semua sekolah yang memiliki kurikulum ini. 

4. Menyiapkan siswa sebagai pemimpin masa depan

Pendidikan sangat penting untuk menentukan kualitas siswa. Tetapi, pengalaman dalam berorganisasi juga tak kalah penting. Kebiasan belajar sangat penting. Tetapi, siswa tetap mendapatkan dorongan untuk mengaplikasikan apa yang mereka pelajari, dengan berbagai pengalaman dalam berorganisasi.
Mereka terbiasa untuk menyusun rencana, serta berupaya untuk mewujudkannya dengan rasa percaya diri tinggi. Tak lupa, mereka juga harus mengembangkan metode inovatif yang dapat meningkatkan kemampuan berkompetisi. Mereka dapat menjadi calon pemimpin handal, karena mereka kaya akan ide.
Siswa sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge terbiasa mengeluarkan pendapat. Pendapat mereka selalu dihargai, sehingga mereka tidak ragu untuk melontarkan ide apapun. Terlebih, mereka juga bertanggung jawab akan ide mereka, baik kepada diri sendiri serta orang lain. Kebiasaan seperti ini merupakan dasar studi serta karir produktif yang telah dipromosikan secara aktif melalui silabus dan kualifikasi Cambridge.

5. Sertifikat Cambridge International A Level untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri

Kualifikasi lulusan sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge mendapatkan penghargaan secara global. Mereka dapat dengan yakin bersekolah di berbagai universitas dan perusahaan di seluruh dunia. Kualifikasi Cambridge hadir dengan reputasi mengesankan. Selama ini, kualitas tersebut masih bertahan, baik dalam bidang pendidikan maupun karir.  Lebih dari 1.500 universitas di seluruh dunia mengakui kurikulum
Cambridge dan siswa yang sudah berhasil menempuhnya. Mereka diterima oleh setiap universitas di Inggris, sekitar 600 universitas di AS serta beberapa universitas di negara-negara maju seperti Kanada, Jerman, Australia, Belanda, Singapura dan banyak lagi.  Universitas dan perusahaan berskala raksasa mengakui kualifikasi lulusan kurikulum Cambridge sebagai bukti pencapaian akademik luar biasa. Mereka telah memahami bahwa kurikulum ini memiliki standar penilaian tinggi, dengan menjamin kualitas siswa.
Siswa juga sudah mendapatkan panduan secara komprehensif selama studi mereka. Selain itu, mereka juga dapat berkonsultasi dengan para pengajar sebelum memilih sekolah yang paling sesuai dengan bakat dan minat mereka. 

6. Guru Menjadi Role model untuk para siswa

Sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge telah menyeleksi tenaga pengajar. Tenaga pengajar memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan kurikulum ini. Pengembangan kualitas guru merupakan kunci pengajaran yang sukses, terutama dalam peningkatan kinerja siswa. Terlebih, semua guru sudah mendapatkan pelatihan terbaik. Sarana dan prasarana yang tersedia sangat mendukung keberhasilan metode belajar dan mengajar.
Proses pengembangan guru dilaksanakan secara kontinyu karena teknologi dan ilmu juga berkembang seiring perkembangan zaman. Pelatihan sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge selalu dilakukan serentak sehingga tidak ada satupun sekolah dengan kurikulum ini yang tertinggal dari yang lainnya. Setiap tahun, ribuan acara pelatihan hadir untuk tetap mempertahankan standar pendidikan. Tenaga pendidik dapat menjadi role model bagi siswa, sehingga siswa bukan belajar karena takut dengan guru. Tetapi, mereka menganggap guru sebagai sahabat dan partner dalam belajar. Tenaga guru telah mendapatkan kualifikasi Cambridge sehingga siswa berkesempatan untuk meraih sukses.

7. Potensi kemampuan anak lebih diolah

Sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge memudahkan anak untuk dapat memaksimalkan kemampuan mereka. Metode pembelajaran yang diterapkan sangat pas untuk mendorong kreativitas mereka.  Siswa tidak hanya mendapatkan dukungan dari pengajar untuk terus mengembangkan diri. Tetapi, mereka juga mendapatkan fasilitas terbaik sehingga mereka dapat mewujudkan semua ide dan kreativitas. Selain itu, siswa juga dapat menikmati pembelajaran tanpa rasa bosan. Semua metode belajar tidak menekan siswa untuk menghafalkan pelajaran.
Tetapi, mereka diperkenalkan dengan metode assessment, metode pembelajaran disesuaikan dengan minat dan bakat mereka. Siswa berperan aktif dalam kelas. Pengajar meminta mereka untuk berpikir kritis, sekaligus belajar membangun argumen serta mengevaluasi bukti. Mereka akan belajar melakukan apapun secara mandiri, serta berkolaborasi satu sama lain. Hal ini penting untuk mewujudkan proyek hasil kerjasama dengan teman. Berhasil ataupun tidak, mereka tetap akan belajar dari hasil yang sudah diraih. Dengan demikian, mereka terbiasa menentukan jalan keluar akan setiap masalah. Tak heran, mereka selalu kreatif karena mereka mendapat dukungan dari pengajar sehingga mereka tetap percaya diri.

Jaminan Kualitas Siswa  

Sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge menjamin murid untuk dapat menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi di kampus-kampus ternama. Mereka yang lulus dari sekolah dengan kurikulum ini juga mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan ternama di seluruh dunia. Pasalnya, Cambridge telah memiliki hubungan jangka panjang, baik dengan berbagai universitas, pemilik usaha, serta pemerintah negara-negara maju. Keahlian murid yang sudah terbiasa dengan kurikulum ini selalu berada diatas standar. Dengan demikian, orang tua dapat dengan nyaman menyekolahkan anak di sekolah Internasional yang mengaplikasikan kurikulum ini. 

Siswa sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge tidak hanya membangun pemahaman mendalam tentang subjek studi. Mereka juga mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi,  penerapan pelajaran dapat dilakukan secara nyata. Program ini berkembang demi memudahkan siswa mengidentifikasi apa yang perlu mereka pelajari. Ujian pun bukan sekedar hafalan. Semua soal akan mendorong siswa dalam pengembangan pola pikir.

Baca Juga  Pusat Bahasa JMS Segera Hadir!

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.