Model Pendidikan di Sekolah Korea di Indonesia

Saat ini sudah tersedia sekolah Korea di jakarta yang dibangun khusus untuk warga negara Korea yang bertempat tinggal di Indonesia. namun selain untuk warga Korea, sekolah ini juga terbuka untuk warga Indonesia dan warga negara asing lainnya.  berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai sekolah Korea.

Sekilas Tentang Sekolah Korea

Sekolah Korea di Jakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dibangun khusus untuk memfasilitasi pendidikan masyarakat Korea di Indonesia. namun tidak menutup kemungkinan bahwa sekolah ini bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia dan warga negara asing lainnya. 

Sekolah ini terbuka untuk masyarakat Indonesia dan luar negeri, karena semakin banyak orang yang berniat untuk belajar budaya Korea. Sekolah Korea menggunakan bahasa Korea sebagai bahasa utama, sedangkan bahasa inggris dan bahasa Indonesia menjadi bahasa sekunder.

Sekolah Korea yang terletak di Jakarta umumnya menggunakan sistem sekolah berdasarkan kurikulum Korea. Inilah yang menjadi penyebab bahasa Korea menjadi bahasa utama, yakni untuk mempermudah pelajar menyesuaikan diri dengan pelajaran di sekolah.

Pendidikan di sekolah Korea mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi berlangsung dengan sistem 3-3-6-3-3-4. Artinya, pendidikan sekolah dasar berlangsung selama 6 tahun dan sekolah menengah pertama berlangsung selama 3 tahun. kemudian untuk sekolah menengah atas berlangsung selama 3 tahun dan pendidikan di perguruan tinggi berlangsung selama 4 tahun.

Fasilitas yang Disediakan Sekolah Korea

Hadir sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik, Korea menyediakan fasilitas pendidikan yang cukup lengkap. Tidak hanya sekolah yang bertempat di Korea, sekolah Korea di Jakarta juga memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang tersedia di sekolah Korea yang bertempat di Indonesia bahkan sama dengan di sekolah yang ada di Korea. 

Bangunan sekolah memiliki koridor yang luas dan rak sepatu di luar kelas, persis seperti sekolah di Korea. Bahkan jajaran kepala sekolah hingga guru semuanya merupakan orang asli Korea. Kemudian, sekolah ini juga menyediakan bus sekolah untuk mengantar murid pulang ke rumah jika belajar di sekolah sampai malam. 

Selain itu, sekolah Korea juga memiliki fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan sekolah internasional umum, seperti perpustakaan dan kantin. Tersedia juga berbagai laboratorium, lapangan olahraga, dan banyak fasilitas pendukung lainnya. sekolah Korea menyediakan fasilitas lengkap yang tentunya turut mendukung keberhasilan belajar dari para siswa.

Bagaimana Model Pendidikan di Sekolah Korea di Indonesia?

Sistem pendidikan di Korea menjadi salah satu sistem pendidikan yang efektif dan bisa menghasilkan para generasi berkualitas. keberhasilan sistem pendidikan di Korea juga didukung dengan model pendidikan yang dianut. Berikut beberapa gambaran mengenai model pendidikan di sekolah Korea di Jakarta,

 

  1. Usia Pendidikan

    Ketentuan usia pendidikan untuk para siswa di sekolah Korea umumnya tidak jauh berbeda dengan sekolah di Indonesia. Pendidikan anak usia dini berlangsung selama 3 tahun, mulai dari anak berusia 1 hingga 4 tahun. 
    Kemudian pendidikan taman kanan-kanak juga berlangsung selama 3 tahun, saat anak berusia 5 hingga 7 tahun. Pendidikan sekolah dasar berlangsung selama 6 tahun, mulai dari anak berusia 8 tahun hingga 13 tahun. kemudian pendidikan di sekolah menengah pertama berlangsung selama 3 tahun, mulai dari anak berusia 14 hingga 16 tahun. 
    Sedangkan pendidikan di sekolah menengah atas berlangsung selama 3 tahun, mulai dari anak berusia 17 hingga 19 tahun. Terakhir, pendidikan di perguruan tinggi berlangsung selama 4 tahun dengan usia pendidikan bebas.

  2. Kurikulum

    Sekolah Korea yang berada di Indonesia melaksanakan layanan pendidikan yang berlandaskan kurikulum Korea, yakni kurikulum STEM. Kurikulum STEM (science, technology, engineering, and mathematic) merupakan kurikulum yang berfokus pada mata pelajaran sains, teknologi, teknik, dan matematika.
    Kurikulum STEM yang digunakan sekolah Korea di Indonesia ini berfokus pada cara pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Kurikulum pendidikan STEM menjadikan sistem pendidikan di sekolah Korea berorientasi pada masa depan. Dalam kurikulum utama ini, para siswa akan mempelajari pendidikan moral, bahasa Korea, sains, musik, dan seni praktis.
    Selain itu, para siswa di sekolah Korea juga akan mempelajari studi sosial, matematika, seni rupa, dan pendidikan jasmani. Kemudian untuk pendidikan tingkat menengah, Korea menerapkan kurikulum teknologi secara menyeluruh dan memaksimalkan fasilitas untuk menunjang pembelajaran.

  3. Jam Sekolah

    Sekolah Korea umumnya memiliki sistem belajar dengan durasi yang cukup panjang, berbeda dengan pendidikan di Indonesia. Di pagi hingga siang hari para siswa akan mempelajari pelajaran yang termasuk dalam kurikulum utama. Kemudian di sore hari mulai dari jam 17.00, para siswa akan mendapat bimbingan belajar wajib yang disebut Hagwon.
    Bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh pihak sekolah ini dimulai dari jam 17.00 hingga 20.00 atau 22.00, tergantung kebijakan sekolah. Mata pelajaran yang dipelajari saat hagwon di sekolah jepang di Indonesia adalah fisika, matematika, bahasa inggris, bahasa Korea, dan sosial.
    Namun jam belajar ini umumnya hanya berlaku pada sekolah menengah atas yang bersiap untuk ujian universitas. Para siswa sekolah dasar memiliki jam sekolah mulai dari jam 08.00 hingga 13.00. sedangkan siswa sekolah menengah pertama memiliki jam pelajaran mulai dari 08.00 hingga 16.30. Jadi intinya, sekolah Korea menyelenggarakan pelajaran selama 16 jam.

  4. Waktu Sekolah

    Sekolah Korea menganut sistem belajar full day school, dimana anak mengikuti pelajaran di sekolah sejak hari senin hingga sabtu. Para siswa yang bersekolah di sekolah Korea biasanya hanya akan berlibur saat tanggal libur nasional dan libur semester saja. 
    Pada setiap hari sekolah, para siswa akan fokus belajar di sekolah dan mengikuti bimbingan belajar. tidak hanya berlaku di Korea, waktu sekolah ini juga umumnya diberlakukan di sekolah Korea di Jakarta.
    Sekolah Korea memang memiliki model pendidikan yang cukup berat, karena memiliki jam pelajaran yang cukup panjang. menurut kebudayaan Korea, keberhasilan dalam dunia pendidikan bisa meningkatkan status mereka dalam hidup bermasyarakat. 
    Oleh karena itu, masyarakat Korea memiliki sistem belajar yang berbeda dengan negara lainnya. Model pendidikan di sekolah Korea di Jakarta yang berpedoman dengan sistem pendidikan Korea mengajarkan anak untuk tidak menyerah.

Kualitas Pendidikan Sekolah Korea

Hadir dengan model pendidikan yang terkenal dengan kerja keras dan ketekunannya, Korea memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Korea berhasil menempati posisi ke-7 sebagai negara dengan skor Programme for International Student Assessment (PISA) tertinggi di dunia. Korea memiliki skor membaca sebanyak 514, skor sains 519, dan skor matematika 526.

Kualitas pendidikan terbaik ini kemudian dibawa dan diterapkan ke sekolah Korea di Jakarta hingga saat sekarang. Saat menempuh pendidikan di sekolah Korea ini, anak lebih dominan mendapat tugas individu daripada tugas kelompok. Hal tersebut dibuat dengan tujuan, supaya setiap siswa bisa mengasah kemampuannya dengan baik.

Pada umumnya, para siswa Korea belajar di ruangan yang sama sepanjang hari, dan guru akan memantau setiap kelas. Uniknya, sekolah Korea memberikan materi pelajaran pendidikan teknis untuk para siswa dan pendidikan ekonomi rumah tangga untuk para siswi. Pendidikan khusus ini biasanya akan berlangsung di kelas 8 dan 9 pada sekolah menengah pertama.

Para siswa di sekolah Korea mendapatkan berbagai materi pelajaran yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, mereka juga dituntut untuk selalu tekun belajar dan pantang menyerah dalam belajar. Oleh karena itu, Korea berhasil memiliki kualitas pendidikan yang bagus.

Jakarta Multicultural School, Pilihan Sekolah Korea di Jakarta Berkualitas

Jika ingin anak mendapat pendidikan dengan maksimal di sekolah Korea, Anda bisa mendaftarkan anak di Jakarta Multicultural School (JMS). Jakarta Multicultural School termasuk sebagai salah satu sekolah Korea dengan kualitas terbaik yang ada di jakarta. 

Sekolah ini menyediakan layanan pendidikan untuk semua tingkat pendidikan, mulai dari pendidikan usia dini hingga sekolah menengah atas. JMS menyelenggarakan layanan pendidikan yang dilandaskan pada kurikulum Korea, yakni kurikulum STEM (sains, technology, engineering, and mathematic).

Para siswa di sekolah Korea di Jakarta ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, sama seperti sekolah di Jepang. Beberapa fasilitas yang dimiliki JMS diantaranya perpustakaan, laboratorium IPA, kolam renang tertutup, dan taman bermain (pendidikan anak usia dini). Selain itu, tersedia juga gedung olahraga, ruang seni rupa, ruang IT, ruang musik, kantin dan aula yang luas. 

Kemudian untuk mendukung aktivitas jasmani siswa, JMS menyediakan 3 jenis lapangan olahraga dan running track. Dengan begitu, anak bisa menjalankan proses pembelajaran dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya fasilitas, JMS juga menyediakan berbagai kegiatan menarik dan edukatif yang cukup lengkap bagi para siswanya.

Soal keamanan dan kenyamanan di sekolah Korea di Jakarta ini sudah dijamin aman dan tidak perlu diragukan lagi. Di Jakarta Multicultural School tidak pernah terjadi kasus bullying atau perundungan, sehingga anak bisa bersekolah dengan nyaman. Selain itu, lingkungan dan fasilitas yang dimiliki sudah memiliki keamanan yang terjamin.

Apa Keunggulan dari Jakarta Multicultural School (JMS)?

Hadir sebagai sekolah internasional yang serupa dengan sekolah di Korea, Jakarta Multicultural School menawarkan banyak keunggulan. Hal yang membedakan JMS dengan sekolah Korea adalah, sekolah ini memadukan sistem pendidikan internasional dari Korea dengan sistem dari Indonesia.

Anak bisa mendapatkan pelajaran berkualitas tinggi namun dalam jam pelajaran normal, seperti sekolah di Indonesia. Oleh karena itu, Jakarta Multicultural School bisa menjadi pilihan sekolah Korea di Jakarta yang recommended untuk anak. Anak Anda bisa tetap belajar maksimal tanpa  harus merasa kelelahan atau stress karena jam pelajaran yang terlalu panjang.

Selain itu, sekolah Korea di Jakarta ini menyelenggarakan proses pembelajaran dengan bahasa inggris dan bahasa indonesia sebagai bahasa utamanya. Sedangkan bahasa Korea menjadi bahasa sekunder yang akan dipelajari untuk menambah pengetahuan para siswa. Melalui sekolah ini, anak bisa mendapatkan pelajaran budaya lokal maupun mancanegara.

Hal ini menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh Jakarta Multicultural School (JMS) sebagai sekolah Korea atau sekolah internasional. Jadi anak tidak hanya mengetahui budaya dari luar negara, tetapi anak juga bisa mengetahui budaya lokal. Dengan adanya pelajaran budaya lokal yang diberikan oleh JMS, anak bisa berkembang menjadi pribadi yang cinta budaya.

Tidak hanya menyediakan layanan pendidikan untuk umum, Jakarta Multicultural School juga menyediakan  layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Di sekolah ini, tersedia sekolah inklusi dengan kualitas terbaik yang bisa mendukung perkembangan anak dalam proses belajarnya.

Jakarta Multicultural School (JMS) bisa menjadi lembaga pendidikan terbaik yang cocok menjadi tempat belajar buah hati Anda. Tidak hanya memperhatikan kualitas pendidikan, sekolah Korea di Jakarta ini juga memperhatikan kenyamanan dari para siswanya dalam belajar.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.