Metode Pendidikan yang Tepat Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan anak berkebutuhan khusus menjadi hal penting yang patut diperhatikan oleh orang tua untuk mendukung perkembangan anak. Guna mendukung perkembangan anak dengan kebutuhan khusus, Anda bisa menjadikan sekolah inklusi sebagai lembaga pendidikan yang tepat. berikut informasi mengenai pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang perlu diketahui.

Mengenal Sekolah Inklusi

Sekolah inklusi merupakan sebuah sekolah bagi anak berkebutuhan khusus yang memungkinkan anak untuk mendapat kesempatan belajar seperti sekolah biasa. Melalui sekolah inklusi, anak-anak berkebutuhan khusus bisa mendapat dukungan untuk mewujudkan impiannya. Dalam lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus ini, anak selalu didampingi oleh guru khusus.

Sekolah inklusi bisa diikuti oleh anak dengan kebutuhan khusus, seperti tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunawicara, cerdas istimewa, dan tunalaras. Selain itu, anak-anak yang mengalami bakat istimewa, kesulitan belajar, dan gangguan pemusatan perhatian juga bisa mengikuti pendidikan inklusi.

Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi umumnya lebih maksimal, karena jumlah rasio murid lebih terjaga. sekolah inklusi memiliki banyak perbedaan dengan sekolah pada umumnya, salah satunya adalah bisa memberi ruang untuk murid berkebutuhan khusus. selain itu, sekolah ini memiliki proses pengajaran kolaboratif dan bisa memahami tiap anak unik.

Apa Keunggulan Sekolah Inklusi?

Sekolah inklusi memiliki banyak keunggulan yang bisa mendukung keberlangsungan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Lembaga pendidikan ini memberikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan siswa reguler. 

Sekolah inklusi bisa memungkinkan anak berinteraksi secara wajar dengan sesamanya sesuai dengan tuntutan kehidupan di masyarakat. Sekolah ini juga bisa mendorong anak berkebutuhan khusus untuk lebih percaya diri dan memenuhi kebutuhan pendidikan anak sesuai potensinya. 

Di sekolah inklusi, anak berkebutuhan khusus bisa mendapat dukungan belajar yang sama dari pendidik. Sistem pendidikan yang baik di sekolah inklusi juga bisa membantu anak untuk menerima diri apa adanya. Selain itu, anak juga bisa terbantu untuk tidak merasa asing lagi di lingkungan masyarakat.

Metode Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Selama proses pembelajaran berlangsung, terdapat banyak metode pendidikan anak berkebutuhan khusus yang digunakan oleh guru di sekolah inklusi. Namun dari sekian banyak metode pendidikan yang ada, terdapat beberapa metode yang dianggap paling efektif. Berikut beberapa metode pengajaran yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus.

1. Communication Oriented

Seperti namanya, communication merupakan metode pengajaran untuk anak berkebutuhan khusus yang selalu melibatkan aktivitas komunikasi. Dalam metode pembelajaran ini, siswa tidak lepas dari komunikasi dengan siswa lain, fasilitas belajar, dan dengan guru sebagaia pembimbing.

Metode pendidikan communication bisa membantu anak untuk berkomunikasi dengan baik untuk mendapat hasil belajar yang baik pula. Proses pembelajaran ini mecakup keterampilan verbal dan non verbal, serta berbagai simbol, seperti gambar dan faco.

2. Task Analysis

Metode task analysis atau analysis tugas yang dibuat untuk mendeskripsikan tugas yang harus dilakukan dalam beberapa indikator kompetensi. Dalam metode ini, tugas akan dipecah dalam rangkaian komponen langkah. Metode ini membantu anak untuk mewujudkan target pembelajaran yang telah ditentukan.

3. Direct instruction

Selanjutnya ada metode pendidikan anak berkebutuhan khusus yang disebut direct instruction atau instruksi langsung. Metode pengajaran ini menggunakan pendekatan selangkah-selangkah yang terstruktur untuk memberikan pengalaman belajar yang positif pada anak. pemberian pengalaman belajar yang positif bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anak.

Selain itu, metode instruksi langsung juga bisa memberikan motivasi pada anak untuk selalu berprestasi. Pembelajaran yang disampaikan dengan metode pembelajaran ini umumnya tersaji dalam bentuk yang mudah dipahami oleh anak berkebutuhan khusus. dengan begitu, anak bisa mencapai keberhasilan di setiap tahap pembelajarannya.

4. Prompts

Terakhir ada metode pengajaran prompts yang merupakan bantuan yang diberikan pada anak supaya bisa menghasilkan respon yang benar. Prompts memberikan bantuan berupa informasi tambahan kepada anak supaya bisa menjalankan instruksi dengan baik. 

Metode pendidikan anak berkebutuhan khusus ini terdiri dari 6 jenis, diantaranya verbal prompts, modeling, gestural prompts, dan physical prompts. Kemudian ada juga metode prompts peer tutorial dan cooperative learning.

 

  1. Verbal Prompts

    Verbal prompts merupakan bantuan berbentuk verbal yang memberikan informasi tambahan pada instruksi tugas. Instruksi tugas ini nantinya memberi tahu anak tentang apa yang harus dilakukan. Dengan kata lain, verbal prompts memberikan tambahan informasi mengenai cara menyelesaikan tugas.
    Sebagai contoh, misalnya dalam belajar menggunakan komputer, anak akan diberikan bantuan informasi dengan instruksi tata cara yang harus dilakukan. Misalnya guru memberitahu anak tentang tahapan untuk menyalakan komputer.

  2. Gestural Prompts

    Selanjutnya ada gestural prompts yang merupakan bantuan dalam bentuk isyarat tangan, lengan, muka, dan gerakan tubuh lain. Gestural prompts memberikan informasi tambahan pada anak dalam bentuk visual spesial spesifik. Metode pendidikan anak berkebutuhan khusus ini bisa digunakan untuk membantu anak yang mengalami tunarungu dan tunawicara.

  3. Physical Prompts

    Physical prompts melibatkan kontak fisik dan digunakan jika prompts lain belum bisa memberikan informasi yang cukup pada anak. Selain itu, metode pengajaran ini juga dilakukan untuk mengembangkan kemampuan fisik anak yang diperlukan untuk melaksanakan tugas yang diberikan.

  4. Modeling

    Selanjutnya ada metode modeling yang dilakukan dengan mendemonstrasikan tugas supaya anak bisa mengetahui bagaimana dan apa yang harus dilakukan. Metode modeling bisa dilakukan jika anak tidak memahami instruksi verbal tapi bisa meniru perilaku tanpa bantuan fisik secara langsung.

  5. Peer Tutorial

    Peer tutorial merupakan metode pengajaran yang memasangkan siswa yang mampu dengan temannya yang masih mengalami kesulitan. Dalam metode ini siswa yang mampu nantinya bisa bertindak sebagai pengajar atau tutor. Metode pengajaran anak berkebutuhan khusus ini menjadi metode yang memberikan waktu akurat dengan keterlibatan siswa yang tinggi.

  6. Cooperative Learning

    Terakhir ada metode cooperative learning yang dilakukan untuk mengarahkan siswa dengan berbagai derajat kemampuan untuk bekerja sama menyelesaikan tugas. Cooperative learning menjadi salah satu metode yang paling efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.

Metode pengajaran ini mengembangkan lingkungan yang positif dan mendukung, sehingga bisa mendorong penghargaan pada diri anak. Selain itu, metode cooperative learning bisa membantu anak untuk bisa menghargai pendapat orang lain dan menerima perbedaan individu.

Metode Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berdasarkan Karakteristik

Selain beberapa metode pengajaran yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat metode pengajaran khusus yang diberikan sesuai dengan karakteristik anak. Metode pengajaran untuk anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan tunalaras memiliki perbedaan.

Metode pengajaran yang digunakan untuk mendukung pembelajaran anak tunanetra terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Selain itu, ada juga metode sorogan, bandongan dan drill yang digunakan untuk mengajar anak tunanetra.

Kemudian untuk metode pengajaran anak tunarungu dan tunalaras ada metode TCL atau teacher centered learning. Metode pembelajaran yang berpusat pada guru ini membantu anak tunarungu dan tunalaras untuk bisa lebih fokus dalam belajar. Sedangkan untuk anak tunalaras, metode pengajaran ini bisa meminimalisir kecelakaan akibat keterbatasan mengendalikan emosi, sehingga proses belajar lebih efektif.

Dalam proses mengajar anak tunagrahita, guru atau pembimbing bisa menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Guru bisa menerangkan materi yang diajarkan dan kemudian mulai melakukan tanya jawab dengan murid. Proses pengajaran ini bisa membantu anak untuk lebih paham tentang apa yang diajarkan.

Terakhir untuk pengajaran anak tunadaksa, guru atau pembimbing bisa menggunakan metode ceramah, diskusi berkelompok, dan praktek. Ketiga metode pengajaran tersebut bisa membantu anak tunadaksa untuk mengikuti dan memahami pelajaran dengan baik.

Tips Memilih Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik berbeda dengan anak-anak lain, sehingga mereka membutuhkan bantuan dari orang sekitar untuk mengembangkan dirinya. Oleh karena itu, saat anak berkebutuhan khusus mulai memasuki usia sekolah, orang tua harus lebih teliti dalam memilih sekolah.

Sebelum mulai memilih sekolah, Anda perlu mengenali kondisi anak supaya bisa menentukan sekolah yang cocok. Anda bisa meminta rekomendasi tempat pendidikan anak berkebutuhan khusus yang bagus dari orang tua lain untuk dipertimbangkan. Atau, Anda bisa berkunjung ke sekolah yang dipilih bersama anak supaya anak bisa mengetahui situasi sekolahnya.

Setelah itu, perhatikan bagaimana kondisi sekolah, meliputi fasilitas, tenaga pendidik, serta kurikulum dan program belajar. Pilihlah sekolah yang menyediakan fasilitas dan hal pendukung lainnya dengan kualitas baik, sehingga mendukung perkembangan anak. 

Tidak hanya itu, perhatikan juga kondisi kebutuhan khusus yang diterima di sekolah tersebut. Tanyakan juga kepada sekolah, apakah pendidikan anak berkebutuhan khusus yang mereka berikan bisa mengakomodasi gaya belajar dan komunikasi anak. Terakhir, perhatikan juga apakah ada tenaga ahli yang turut berperan di sekolah dalam perkembangan anak.

Lembaga Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Terbaik, Jakarta Multicultural School

Saat ini sudah cukup banyak sekolah inklusi yang menyediakan layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. setiap sekolah tentu memiliki karakteristik masing-masing yang membuatnya berbeda satu dengan yang lain. Sebagai orang tua, Anda harus bisa memilih lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus yang tepat untuk anak.

Jika masih bingung memilih sekolah yang cocok untuk anak, Anda bisa memilih Jakarta Multicultural School (JMS). Jakarta Multicultural School memiliki prinsip bahwa setiap anak berkebutuhan khusus berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak lainnya.

JMS selalu mendukung setiap kebutuhan anak dengan menyediakan fasilitas yang lengkap dan tenaga pendidik profesional. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus ini diantaranya lapangan olahraga, perpustakaan, kantin, dan banyak fasilitas lainnya. 

Selain itu, Jakarta Multicultural School menyediakan berbagai kegiatan edukatif dan menarik yang bisa diikuti oleh anak. Beberapa diantaranya adalah program pelajaran imersi (perjalanan ke luar negeri) dan camping sekolah. Jakarta Multicultural School menggunakan kurikulum yang tepat, sehingga anak bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan bisa mencapai kesuksesan belajar.

Pendidikan anak berkebutuhan khusus menjadi hal yang sangat penting dan butuh perhatian intens dari orang tua. Oleh karena itu, pilihlah sekolah inklusi berkualitas untuk mendukung proses belajar dan perkembangan anak. Jakarta Multicultural School hadir sebagai sekolah yang recommended untuk dipilih sebagai tempat belajar berkualitas bagi anak berkebutuhan khusus.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.