Ketahui Keunggulan Sistem Pembelajaran di British International School Jakarta

Pendidikan yang baik menjadi hal mutlak yang diberikan orang tua kepada anak. Pendidikan yang berkualitas mendukung tumbuh kembang anak secara menyeluruh, baik dari segi kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, hingga kecerdasan interpersonal. British International School Jakarta dapat menjadi salah satu rujukan sekolah berkualitas yang bisa Anda jadikan pilihan. Kurikulum yang diajarkan memastikan anak Anda mendapatkan pendidikan terbaik untuk tumbuh kembangnya.

Apa Itu British International School?

British International School merupakan sekolah berstandar internasional yang menerapkan English National Curriculum dalam pelaksanaan pembelajarannya. Tak hanya itu, sekolah juga melakukan kerja sama dengan berbagai institut terkemuka dunia, misalnya Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sekolah ini memang didesain untuk mempersiapkan anak untuk dapat mendapatkan pendidikan tinggi dari university terkemuka, seperti UCLA (University of California, Los Angeles), Oxford, Nanyang Technology University, University of Melbourne, dan University of London. Salah satu sekolah yang mengadopsi sistem British International School yaitu Jakarta Multicultural School (JMS).

Keunggulan yang Ada di British International School Jakarta

Menjadi sekolah dengan standar tinggi, JMS menerapkan standar British International School dalam manajemennya. Banyak keunggulan yang dimiliki JMS untuk jadi pilihan pendidikan utama bagi putra-putri Anda. Berikut beberapa points unggulan tersebut.

 

  1. Menerapkan kurikulum terbaru dan terbaik di bidang pendidikan, yaitu International Baccalaureate Curriculum

    IB (International Baccalaureate) merupakan salah satu jenis kurikulum berstandar internasional yang lahir pada 1962 dari ISA (international School association). Tujuan adanya penerapan kurikulum ini yaitu berkomitmen untuk menjadi fasilitator anak didik agar menjadi pribadi yang memiliki wawasan global, kreatif, mampu mengembangkan kemampuan emosional, cerdas secara otak maupun sosial, serta mampu memberikan kontribusi yang membangun dan berbudaya.
    IB sendiri memiliki 4 program, yaitu Primary Year Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP), Diploma Programme (DP), dan Career-related Programme (CP).
    Primary years programme diperuntukan untuk anak berusia 3-12 tahun. Tujuan utamanya sendiri ialah melatih anak agar menjadi pribadi yang aktif. Selain itu mereka diajarkan untuk memiliki kepekaan sosial tinggi, memiliki kesadaran long life learner, dan berperan aktif dalam kegiatan di sekitarnya.
    Middle years programme diajarkan pada anak usia 11-16 tahun. Saat menempuh pendidikan ini, anak akan dilatih untuk menyelaraskan antara akademik, minat, dan dunia kerja. Hal ini baik untuk menyelaraskan berbagai aspek dalam perkembangan anak.
    Diploma programme ditujukan bagi anak usia 16-19 tahun. Di sini, anak akan dipersiapkan untuk memasuki perguruan tinggi. Anak akan dibimbing untuk memilih minat dan bakatnya sehingga kedepannya anak merasa enjoy dengan apa yang dilakukannya dan meraih prestasi terbaiknya.
    Career-related programme dilakukan bersamaan dengan DP. Program ini merupakan program terbaru dibanding lainnya. Melalui program ini, anak akan dipersiapkan untuk dunia karir idamannya.

  2. Pilihan ekstrakurikuler yang beragam

    Sebagai sekolah yang berkomitmen untuk mendukung keberhasilan anak Anda secara penuh (all out). British International School memfasilitasi anak dengan beragam ekstrakurikuler.
    Anak dapat memilih kegiatan ekstra manapun yang disenangi dan diminati. Para pengajar yang mendampingi merupakan teacher yang sudah expert dan berpengalaman di bidangnya. Dengan demikian, anak Anda akan mendapat bimbingan terbaik untuk mengembangkan minatnya.

  3. Jenjang pendidikan yang terstandar

    Dengan mengadopsi International Baccalaureate Curriculum, susunan materi ajar akan disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Hal ini dapat dipastikan bahwa anak akan mampu berkembang secara optimal sesuai kemampuan psikologis, logis, maupun motoriknya. Pendidikan yang demikian diharapkan lebih mampu diserap anak Anda secara optimal.

  4. Lingkungan yang suportif dan menyenangkan

    irancang sedemikian rupa sehingga mampu mendukung anak Anda merasakan keadaan belajar yang suportif dan menyenangkan. Lingkungan yang sangat suportif dan bebas dari bullying.

  5. Berimbangnya pembelajaran kognitif dan afektif

    Kurikulum British International mengupayakan terbentuknya pembelajaran yang seimbang antara aspek kognitif dan afektif untuk penerapan dalam keperluan global. Aspek kognitif ialah penguasaan terhadap teori yang diajarkan. Selanjutnya, anak akan dipandu untuk terbiasa menggunakan ilmu yang dimiliki untuk mencari pemecahan dari suatu permasalahan lewat kegiatan afektif (praktek). Pembelajaranan yang demikian disebut dengan compassion system.

  6. Lifelong learner

    Kurikulum yang diterapkan sekolah membiasakan anak Anda untuk menjadi seorang lifelong learner. Ini merupakan upaya seseorang untuk menjadi pembelajar yang sukarela dan berkesadaran akan kebutuhannya untuk selalu mengambil pelajaran dari siapa pun dan dimana pun. Hal ini memungkinkan anak belajar secara berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing, kompetensi, dan keterampilan kerja.

  7. Pendidikan holistik

    Selain pendidikan akademik, anak juga membutuhkan pengajaran terkait minat, bakat, soft skill, dan pengembangan karakter yang berbudi dan unggul. Perpaduan yang demikian disebut dengan pendidikan holistik. Adanya sistem pengajaran yang demikian akan menyeimbangkan kecerdasaan anak secara berimbang pada semua aspek.

  8. Pembelajaran dilakukan dengan menyenangkan

    Anak akan lebih mudah menangkap ilmu apabila merasa nyaman. Oleh karenanya, JMS mengadopsi hal tersebut sebagai misi untuk menciptakan sistem belajar yang menyenangkan. Dengan adanya hal yang demikian, diharapkan siswa mudah menerima dan memahami segala pembelajaran sehingga proses transfer ilmu dapat berjalan seefektif dan seefisien mungkin.

Apakah British School Hanya Menerapkan Kurikulum Internasional?

Jawabannya tidak. JMS sebagai salah satu sekolah internasional yang mengadopsi kurikulum British School tetap memberikan kurikulum nasional berdasarkan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

JMS merupakan Sekolah satuan pendidikan kerjasama (SPK) yang mana memiliki kurikulum campuran. Siswa WNI akan diberi kurikulum internasional dan ditambah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Sementara untuk siswa WNA, akan diberikan tambahan dengan Bahasa Indonesia dan Indonesian Study.

Jaminan Fasilitas Tambahan Apa Saja yang Diberikan di British School?

  1. Fasilitas sekolah yang super lengkap

Mengusung kurikulum yang sangat ideal, British International School Jakarta oleh JMS menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Oleh karenanya, sekolah memfasilitasi murid dengan berbagai kelengkapan untuk pembelajarannya. Tak hanya itu, sekolah juga menyediakan fasilitas pendukung yang canggih nan lengkap, seperti perpustakaan, cafetaria (kantin), dan laboratorium.

  1. Art Gallery

Bagi anak didik yang menyukai seni rupa, JMS menyediakan fasilitas berupa art gallery. Anak disediakan sarana dan prasarana untuk menuangkan ide dan imajinasi yang mereka miliki. Tak hanya itu, mereka juga akan melakukan riset mengenai karya seni yang berguna memperkaya kemampuan seninya.

  1. Ruang Musik

Berbagai peralatan musik modern dan tradisional juga disiapkan untuk anak didik yang menyukai dunia musik. Mereka dapat bebas bereksplorasi menggunakan beragam instrumen. Kemampuan membuat komposisi musik yang menarik juga akan didukung untuk berkembang.

  1. Assembly Hall

JMS memiliki private hall room dengan kapasitas yang sangat memadai. Beragam kegiatan sekolah diadakan di aula serbaguna ini. Beberapa diantaranya yaitu acara wisuda, pertemuan wali murid, kegiatan orientasi, simposium, pagelaran musik dan teater, hingga presentasi. Gedung ini berkapasitas untuk kurang lebih 500 orang.

  1. ICT Room

Setiap anak didik di JMS akan dibekali dengan keterampilan komputer dan internet. Aplikasi sistem ini diperuntukan untuk mendukung pembelajaran yang modern untuk kelengkapan dan kesempurnaan pembelajaran. Anak diharapkan terbiasa untuk menggunakan berbagai teknologi yang berguna sebagai support system dalam kesehariannya.

  1. Fasilitas olahraga

Beberapa fasilitas olahraga dipersiapkan untuk keperluan anak didik. Lengkap, privat, dan eksklusif. Beberapa diantaranya yaitu kolam renang yang tertutup, gedung olahraga indoor berkapasitas besar, lapangan basket dan futsal dengan komponennya, lapangan sepak bola yang luas, dan running track outdoor.

  1. Jumlah murid dan guru yang berimbang

Banyaknya jumlah anak didik namun tidak diimbangi dengan jumlah guru yang memadai mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Ketimpangan pendampingan dan pembelajaran dipastikan akan menjadi masalah yang serius.

Hal ini menjadi fokus JMS untuk selalu mengusahakan berimbangnya jumlah anak didik dengan guru yang ada. Dengan keadaan yang demikian, JMS akan mampu memantau perkembangan anak Anda secara detail dan menyeluruh.

  1. Playground

Taman bermain indoor maupun outdoor dengan fasilitas alat mainan yang menyenangkan juga disediakan di lingkungan sekolah. JMS meyakini bahwa anak juga mampu untuk belajar melalui kegiatan bermain. Melatih kecakapan sosial, rasa percaya diri, dan beradaptasi dengan lingkungan baru menjadi goals yang diusung.

  1. Jaminan bully free environment

Sejak berdiri, JMS menjamin lingkungan pendidikan yang kondusif untuk semua anak. Mengusung tema bully free area, tiap anak akan merasa aman, nyaman, dan senang saat belajar. Tidak akan ada kasus perundungan yang terjadi. Orang tua juga tidak perlu khawatir dengan keadaan buah hatinya selama di sekolah.

  1. Teacher and staff yang berpengalaman dan profesional

JMS percaya bahwa pendidik beserta staf memiliki andil penting dalam keberhasilan pendidikan anak. Seluruh guru dan karyawan JMS dibekali dengan keterampilan yang profesional dan kecakapan di bidangnya. Tujuannya agar kami mampu senantiasa memberikan support terbaik selama proses pembelajarannya untuk selalu berkembang sesuai kemampuannya.

  1. Program inklusif

Tiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang kayak tanpa terkecuali. JMS menyediakan program khusus yang diperuntukan untuk anak dengan kebutuhan khusus melalui program inklusif. Anak tetap mendapatkan pendidikan “normal” yang berkualitas dengan modifikasi terarah yang disesuaikan dengan kebutuhan spesialnya.

Program Pendidikan British School Apa Saja yang Ada di JMS?

  1. Pendidikan anak usia dini

JMS menyediakan pendidikan eksternal pertama bagi putra dan putri Anda. Pendidikan yang diterapkan menerapkan sistem fun learning untuk merangsang keingintahuan anak terhadap hal baru.

Anak akan merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan saat mereka mendapatkan pendidikan di luar lingkungan keluarga. Guru di JMS akan mendorong mereka untuk berkembang dengan kemampuan kognitif, sosial, emosional, bahasa, dan motorik secara seimbang.

  • Program primary (dasar)

JMS akan memberikan pembelajaran yang bermakna pada pendidikan dasar. Guru akan melakukan pembelajaran interaktif untuk mendekatkan diri kepada murid. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keadaan anak agar pengarahan potensi dapat dilakukan dengan baik dan tepat.

  • Program menengah pertama

Program ini diperuntukan untuk anak didik yang sedang berada fase tumbuh kembang sebagai remaja. Pendidikan usia ini menjadi sangat krusial dengan adanya perubahan fisik, emosional, dan sosial.

Guru JMS akan selalu berkomitmen untuk menjadi teman, partner, orang tua, sekaligus mentor untuk mereka. Tak lupa, para guru juga akan memperhatikan perkembangan kelompok maupun individu tiap anak.

  • Program diploma

Program ini merupakan program lanjutan dari pendidikan sebelumnya. Anak akan difokuskan untuk memasuki pendidikan tinggi (universitas) dengan memilih focus study yang diminati. Selain penekanan akademik, anak juga diajari untuk berpikir kritis terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya.

  • Program inklusif

British International School Jakarta yang dimiliki JMS juga di peruntukan untuk anak berkebutuhan khusus dengan fasilitas yang sama. JMS menyadari bahwa tiap anak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan terbaik.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.