Simak 8 Tipe Kecerdasan Manusia, Tidak Hanya Nilai Akademis! 

 

Menginginkan anak menjadi orang yang berhasil adalah harapan dari setiap parents. Sebagai orangtua pasti akan berusaha untuk meningkatkan dan mewujudkan potensi yang dimiliki anak agar mendapat kesuksesan. 

Setiap anak juga memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda. Bagi Sebagian orang, kemampuan dalam bidang akademis dan penalaran mungkin merupakan tolak ukur tingkat kecerdasan seseorang. 

Namun, menurut psikolog dari Harvard University yaitu Howard Gardner, dalam bukunya di tahun 1983 berjudul “Frames of Mind” manusia tidak dilahirkan dengan seperangkat kualitas yang sama. Beberapa atlet lebih baik, sementara lainnya memiliki pemahaman yang lebih baik tentan memahami orang lain dan alam sekitar mereka. Dan semua hal ini dianggap kecerdasan. 

Dikutip dari Times of India, ada 8 jenis kecerdasan yang diidentifikasi oleh Howard Gardner, yaitu: 

 

  1. Kecerdasan Spasial 
  2. Kecerdasan yang mengandalkan kemampuan berpikir abstrak dalam berbagai dimensi. Anak yang memiliki kecerdasan ini memiliki kapasitas yang besar untuk penalaran spasial dan konseptualisasi, suatu hal yang dibutuhkan dalam bidang arsitektur, design grafis, fotografi, design interior dan penerbangan. 

  3. Kecerdasan Kinestetik 

    Yaitu adanya kemampuan untuk menggunakan tubuh dengan cara yang menunjukan kecakapan fisik dan atletik. Seperti yang dibutuhkan saat menjadi seorang atlet, penari, ataupun seoranKecerdasan Kinestetik 

  4. Kerdasan Musikal 

    Kecerdasan ini mengandalkan sensitivitas terhadap nada, melodi, ritme dan timbre. Mereka yang mempunyai kecerdasan ini pada umumnya handal dalam bernyanyi atau memainkan alat music

  5. Kecerdasan Linguistik 

    Kecerdasan linguistic juga kerap disebut sebagai “kecerdasan  bahasa” karena melibatkan kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, dan suara yang menunjukkan berbagai hubungan gramatikal. Anak yang memiliki kecerdasan di kategori ini biasanya pandai menulis cerita, menghafal informasi, dan membaca 

  6. Kecerdasan Logis-matematis 

    Memiliki kecerdasan ini artinya memiliki kemampuan untuk menganalisis suatu masalah secara logis, menyelidiki sebuah masalah secara ilmiah dan menjalankan operasi matematika. Beberapa figure dengan tipe kecerdasan ini adalah Albert Einstein dan Bill Gates. 

  7. Kecerdasan Interpersonal 

    Orang yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih cenderung akan pandai dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka dapat dengan mudah menilai emosi, dan perasaan orang lain. Berusaha menyelesaikan konflik dan menciptakan hubungan yang positif dengan orang lain. 

  8. Kecerdasan Intrapersonal 

    Kecerdasan intrapersonal akan peka terhadap perasaan, mengetahui keadaan emosi dan memiliki tujuan yang jelas dalam pemikirannya sendiri. Mereka juga menikmati refleksi diri, analisis, dan menilai kekuatan diri. Kecerdasan ini tujuan bagi setiap individu dalam bersosialisasi di masyarakat modern yang kompleks, dimana seorang harus membuat keputusan penting untuk dirinya sendiri. 

  9. Kecerdasan Naturalistik 

    Individu yang mempunyai kecerdasan naturalistic , tertarik kepada pengasuhan, lingkungan dan belajar mengenai berbagai spesies lain. Mereka menyukai pelajaran seperti biologi, zoologi, menikmati kegiatan berkemah, berkebun, ataupun hiking. 

Dalam masa pencarian potensi seperti di atas, mungkin akan menemui banyak tantangan karena perlu banyak mencoba hal baru. Atau jika masih merasa sulit menilai diri berdasarkan hal yang ada diatas, parents dapat bertanya ke orang-orang terdekat untuk membantu mempertimbangkan hal yang kalian sukai. 

Sekolah Jakarta Multicultural School sebagai salah satu International School Jakarta selalu berusaha untuk mengoptimalkan perkembangan siswa, di bidang akademis dan juga non akademis.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.