1

Ternyata Seni dapat Meningkatkan Kemampuan Pada Anak

Seni sangat membantu otak anak tumbuh dan berkembang, yang juga akan berpengaruh pada peningkatan kapasitas belajar dan meningkatkan percaya diri.

Anak yang mempunyai banyak kesempatan untuk terlibat di dalam duni seni, tidak hanya memperoleh pengetahuan serta pemahaman akan dunia seni , tetapi juga manfaat di bidang keterampilan , dan juga mengenai pemahaman dirinya sendiri.

Karena tugas utama seorang anak adalah bermain, maka memberikan anak kesempatan untuk belajar dengan konsep pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya adalah suatu hal yang perlu dicermati oleh para orangtua. 

Seni memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan anak, terutama kemampuan motorik. Kepala Pendidikan Seni dan Desain di Northern Illinois University Dr Kerry Freedman mengatakan bahwa “Anak perlu mengetahui banyak hal tentang dunia daripada apa yang bisa mereka pelajari melalui teks dan angka. Seni mengajarkan bagaimana menafsirkan, menggunakan informasi visual, mengkritik, serta membuat pilihan berdasarkan informasi visual yang didapat.” 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ada kesinambungan hal antara seni dan prestasi lainnya. Seorang anak yang melakukan kegiatan seni secara rutin, cenderung memiliki prestasi akademis yang lebih baik dari anak yang tidak rutin melakukan seni. 

Kesenian memiliki manfaat yang besar untuk perkembangan si kecil. Berikut adalah beberapa manfaat seni untuk kehidupan anak, bahkan sejak usia dini.

  1. Seni dan Pengembangan Diri 

Rasa percaya diri yang dimiliki pada anak terutama anak usia dini, akan langsung berdampak pada pertumbuhannya. Hal itu adalah bentuk dari bagaimana anak mengenal dirinya sendiri dan hal penting akan dirinya. Karena ketika pada usia remaja, anak akan mendapat rasa sebagai individu, maka periode anak usia dini adalah masa yang tepat untuk mendukung perkembangan kepercayaan diri. Membuat sesuatu sendiri dan timbul rasa bangga akan karya yang dibuat akan mendukung terbentuknya rasa percaya diri anak yang baik. Anak juga belajar menerima pujian atau kritik yang diberikan oleh guru, orangtua dan teman sebayanya tentang karya yang dibuat. 

  1. Seni dan Pengetahuan 

Ilmu pengetahuan dan seni adalah dua hal yang berkaitan. Ilmu pengetahuan perlu belajar dari seni agar temuannya dapat diterapkan di dunia secara efektif. Sebaliknya, seni juga perlu belajar dari ilmu pengetahuan agar proses kreatifnya mampu untuk menjangkau dimensi kehidupan yang lebih mendasar. 

  1. Seni dan Perkembangan Otak 

Memberikan kesempatan untuk anak untuk menjadi kreatif saat sedang bermain adalah landasan praktek yang sesuai dengan tahapan perkembangan. Seni adalah salah satu jalan untuk merangsang perkembangan kreativitas dan perkembangan otak yang sehat. Bereksperimen dengan seni yang nantinya akan menghasilkan sebuah kemampuan di bidang kreativitas, imajinasi, integrasi sensorik dan motorik halus. Kemampuan anak untuk dapat bercerita menggambarkan suatu hal, meningkatkan kemampuan bahasa dan perkembangan emosi sosial anak. 

Sekolah Jakarta Multicultural School (JMS) merupakan sekolah yang sangat peduli pada kegunaan fungsi seni tersebut, karena seni yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Salah satu international school Jakarta ini sadar betul bahwa seni dapat memfasilitasi tiap siswa untuk menuangkan segala kreativitas berdasarkan keinginan masing-masing anak. 

Setiap tahunnya JMS juga mengadakan acara yang dipenuhi berbagai kesenian yaitu “Art Festival” dimana pada tahun ini Art Festival diselenggarakan pada tanggal 3 Desember 2021. Banyak kegiatan menarik pada saat pelaksanaan yang tentunya akan mengasah kreativitas para siswa dalam hal seni.  

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.