Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Pendidikan di International School Jakarta

Saat ini sudah mulai banyak International school Jakarta yang tersedia dan masyarakat tinggal memilih sekolah yang sesuai. Meskipun begitu, tidak sedikit masyarakat yang penasaran dengan sekolah internasional. Berikut informasi mengenai sekolah bertaraf internasional yang ada di Jakarta.

Sekilas Tentang Sekolah Internasional Jakarta

International school Jakarta merupakan sekolah bertaraf internasional yang berlokasi di kawasan Jakarta. Sekolah ini disebut sebagai sekolah bertaraf internasional karena menjalankan layanan pendidikan dengan menggunakan kurikulum internasional. Dalam proses pembelajaran, sekolah internasional membiasakan para warga sekolah untuk menggunakan bahasa Inggris.

Sekolah internasional di Indonesia memberikan kesempatan kepada anak untuk mengetahui lebih dalam tentang bahasa dan budaya luar negeri. Meskipun menggunakan kurikulum internasional, sekolah internasional di Indonesia masih memiliki beberapa mata pelajaran lokal. Pelajaran lokal tersebut adalah pendidikan agama, bahasa Indonesia, dan pancasila.

Tetapi ada juga sekolah internasional yang tidak memiliki mata pelajaran lokal, tergantung ketentuan setiap sekolah. International school Jakarta bisa diakses oleh anak dari luar negeri yang tinggal di Indonesia maupun anak Indonesia. dengan menyekolahkan anak di sekolah ini, anak bisa lebih terbuka dengan bahasa dan budaya dari luar negeri.

Pendidikan di International School Jakarta

Model pendidikan di international school Jakarta memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan sekolah nasional. Karena adanya beberapa perbedaan, maka Anda harus mengetahui pendidikan di sekolah internasional secara mendalam sebelum mendaftarkan anak ke sana.

  1. Kurikulum

    Sekolah bertaraf internasional umumnya menggunakan kurikulum internasional dalam menjalankan proses pembelajaran. Penggunaan kurikulum internasional membuat aktivitas pembelajaran jadi lebih interaktif, sehingga proses pembelajaran jadi lebih efektif. Kurikulum internasional yang biasa digunakan pada sekolah internasional terdiri dari 4 jenis. Pertama Montessori Kedua Cambridge International Ketiga International Baccalaureate dan terakhir Singaporean Primary School Curriculum

  2. Sistem Pembelajaran

    International school Jakarta memiliki sistem pembelajaran yang lebih interaktif, karena siswa diberi kesempatan oleh guru untuk mengungkapkan isi pikiran. Dalam proses pembelajaran di sekolah bertaraf internasional, guru tidak menjalankan komunikasi satu arah dalam memberikan materi.
    Artinya, selama proses pembelajaran berlangsung guru dan para siswa bisa saling bertukar pikiran terkait materi yang dibahas. Anak tidak hanya mendengar apa yang disampaikan guru, tetapi juga bisa menyampaikan pendapatnya tentang materi pelajaran.
    Sistem pembelajaran ini tergolong bagus, karena bisa membuat anak semakin aktif dalam belajar dan semangat belajar lebih banyak. Selain itu, sekolah internasional juga menerapkan sistem pembelajaran student centered learning atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam sistem pembelajaran ini, siswa lebih aktif dalam menjalani proses pembelajaran.

  3. Bahasa Pengantar

    Dalam proses pembelajaran, sekolah internasional menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar. Beberapa bahasa asing yang sering digunakan sebagai bahasa pengantar di sekolah internasional adalah bahasa Inggris dan bahasa eropa. 
    Dengan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar, anak jadi lebih terbiasa untuk berkomunikasi dalam bahasa asing. Namun khusus ada sedikit perbedaan antara sekolah internasional di luar negeri dan di Indonesia. bahasa asing hanya wajib digunakan saat pelajaran, sedangkan setelah pelajaran, para siswa bisa menggunakan bahasa Indonesia.

  4. Fasilitas

    Sekolah internasional umumnya memiliki fasilitas pendukung pembelajaran yang lengkap dan tentunya berkualitas. Setiap ruang belajar di sekolah internasional sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti AC, proyektor, dan perpustakaan mini. Sedangkan untuk fasilitas keseluruhannya, sekolah internasional menyediakan berbagai fasilitas, seperti perpustakaan.
    Selain itu, ada gedung dan lapangan olahraga, kantin, laboratorium, kantin, aula, ruang musik, kolam renang, dan taman bermain (TK/PAUD). Masih banyak lagi fasilitas pendukung lainnya yang sudah disediakan oleh sekolah internasional seperti international school Jakarta. fasilitas yang lengkap dan berkualitas ini diadakan untuk memaksimalkan aktivitas belajar siswa.

  5. Mata Pelajaran

    Mata pelajaran yang tersedia di sekolah internasional umumnya berbeda-beda, tergantung kurikulum yang digunakan oleh setiap sekolah. Sekolah yang menggunakan kurikulum Cambridge menyediakan mata pelajaran matematika, IPA, bahasa Inggris, serta persiapan ujian O dan A level.
    Sedangkan sekolah yang menggunakan kurikulum IB menyediakan mata pelajaran bahasa Inggris, bahasa Indonesia, matematika, agama, IPS, dan kesenian. Setiap kurikulum mempengaruhi mata pelajaran yang tersedia di setiap international school Jakarta.

  6. Tenaga Pengajar

    Tenaga pengajar atau guru menjadi salah satu komponen penting yang turut mendukung proses pembelajaran di sekolah internasional. Pada umumnya, sekolah bertaraf internasional memiliki tenaga pendidik yang profesional, sesuai dengan kurikulum sekolah. Biasanya tidak semua guru yang ada di sekolah internasional berasal dari luar negeri. 
    Ada international school Jakarta yang memiliki rasio guru yang seimbang antara guru luar negeri dan guru dalam negeri. Namun ada juga sekolah internasional yang memiliki guru luar negeri lebih banyak daripada guru dalam negeri. Guru luar negeri yang ada di sekolah internasional biasanya akan mengajar tentang bahasa asing.

  7. Tugas dan Ujian Sekolah

    Sekolah internasional memiliki tugas dan ujian sekolah yang agak berbeda dengan sekolah nasional pada umumnya. Sekolah bertaraf internasional biasanya lebih banyak memberikan tugas individu dan tugas praktik pada para siswanya. Hal tersebut bertujuan untuk melatih siswa supaya lebih mandiri serta bisa berpikir kritis.
    Sedangkan untuk ujiannya, sekolah internasional memberlakukan ujian resmi lain selain ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Ujian lain tersebut biasanya adalah ujian resmi dari CIE atau IB, tapi ujian ini hanya dilakukan di kelas 12. Tidak hanya itu, terkait ujian, sekolah internasional biasa menerapkan ujian makalah yang dijawab secara esai.

Kenapa Harus Masuk International School Jakarta?

Kehadiran sekolah internasional di Indonesia saat ini membuat sebagian masyarakat penasaran, mengapa anak harus masuk sekolah tersebut. Sebenarnya terdapat beberapa hal yang bisa menjadi alasan sekaligus menjawab pertanyaan tersebut.

Pertama, international school Jakarta sudah menggunakan kurikulum internasional yang terstandarisasi secara global. Jika anak belajar dengan kurikulum internasional, maka anak sudah lebih siap untuk menghadapi dunia global di masa depan. Hal tersebut dikarenakan, anak bisa memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang budaya dan bahasa asing.

Kedua, sekolah bertaraf internasional membiasakan anak untuk berkomunikasi menggunakan bahasa asing, sehingga anak bisa fasih berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Hal ini tentu mempermudah anak jika akan melanjutkan pendidikan di luar negeri, karena tidak perlu mengikuti kursus.

Ketiga, anak bisa jadi lebih kreatif dan cerdas, karena sekolah internasional sering memberlakukan tugas mandiri dan praktik. Karena terbiasa dengan tugas-tugas tersebut, anak bisa lebih kreatif dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

Mari Bergabung Bersama Jakarta Multicultural School

Jakarta Multicultural School adalah sekolah bertaraf internasional di jakarta yang memberikan layanan pendidikan berkualitas. JMS memiliki fasilitas yang lengkap dan berkualitas, sehingga aktivitas belajar anak bisa berjalan dengan baik. beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, aula, laboratorium, dan ruang musik.

JMS juga mendukung keberhasilan proses belajar anak dengan menyediakan tenaga pendidik profesional. Tidak hanya itu, sekolah ini juga sering menyelenggarakan berbagai aktivitas yang menarik dan edukatif untuk para siswanya. Beberapa contoh kegiatan yang diselenggarakan adalah workshop, pentas seni, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

Dengan semua aktivitas dan fasilitas yang telah disediakan, JMS bisa menghasilkan generasi muda yang berkualitas. JMS menyelenggarakan pendidikan untuk 4 jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah atas. Selain itu, international school Jakarta ini juga menyediakan sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus.

Jika ingin mendaftarkan anak di sekolah internasional berkualitas dengan biaya bersahabat, daftarkan anak Anda di Jakarta Multicultural School. JMS sudah dikenal oleh banyak masyarakat sebagai international school Jakarta yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan si buah hati ke sekolah bertaraf internasional ini.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.