Memotivasi diri untuk belajar di masa liburan memang memiliki tantangan tersendiri, terutama Ketika semua yang ingin dilakukan adalah kegiatan diluar ruangan dan menikmati waktu libur.

Sangat penting untuk menggunakan liburanmu untuk tetap belajar, karena otak kita adalah otot, dan seperti semua otot yang lain, ia akan kehilangan kekuatannya saat kamu berhenti menggunakannya.

Jadi, penting untuk kamu tetap melatih otak selama liburan agar Ketika kembali ke sekolah bisa langsung bekerja secara maksimal. Selain itu, liburan adalah waktu yang sangat tepat untuk mengejar ketertinggalan dan lebih maju daripada yang lainnya. Kamu punya 2-6 minggu untuk mengisi kekosongan pengetahuan yang hilang, dan mempersiapkan diri untuk semester berikutnya.

Ada 3 hal yang harus kamu lakukan tiap liburan sekolah:

  1. Evaluasi pelajaran yang di semester sebelumnya kamu rasa masih kurang
  2. Belajar untuk semester berikutnya
  3. Santai!

Memiliki motivasi belajar yang kurang saat liburan adalah masalah umum yang sering dialami semua siswa selama liburan. Yuk, simak 5 tips yang akan membantu kamu efektif belajar selama liburan:

  1. Buat rencana belajar dengan tujuan yang masuk akal

Tentu sulit untuk tetap termotivasi setiap hari, maka dari itu kamu harus pandai untuk mengatur waktu seperti membatasi waktu tamasya 1-2 hari saja dalam satu minggu. Kamu juga dapat meluangkan waktu untuk belajar selama 30-60 menit sebelum atau sesudah tamasya.

Set tujuan spesifik kamu untuk belajar agar lebih bermanfaat, kamu bisa memecah tujuan besar ini menjadi tujuan-tujuan kecil yang dapat dicapai. Seperti misalnya membaca teori dan Latihan soal dalam satu hari.

  1. Belajar dalam porsi kecil

Ingat bahwa sekolah menginginkan kamu untuk istirahat sejenak. Jika kamu masih duduk di tahun ajaran pertama, 2-4 jam adalah waktu yang tepat. Namun Ketika kamu saat ini berada di tahun senior, menargetkan 3-6 jam belajar selama satu hari adalah hal yang ideal.

Berikan 3-5 menit untuk istirahat tiap 20-25 menit belajar. Perlu di ingat bahwa ini semua adalah bagian dari proses! Jangan terlalu memaksakan diri, pastikan bahwa kamu tetap memberikan waktu untuk istirahat dan bersantai dengan tetap belajar sedikit demi sedikit.

  1. Belajar Bersama teman

Dengan cara ini, kalian bisa belajar Bersama dan memiliki seseorang untuk membuat kamu lebih bertanggung jawab. Penting untuk kamu belajar dengan orang yang tak akan mengalihkan perhatian, dan orang yang suka menunda-nunda.

Set tujuan belajar kalian dan apa yang harus didapatkan Ketika belajar Bersama di satu sesi. Bedah materi dan saling belajar dari satu dan yang lain dengan metode atau cara mengerjakan soal.

  1. Mengevaluasi apa yang kamu pelajari di semester sebelumnya

Beberapa cara untuk menghafal dan memahami pelajaran adalah pengulangan yang konsisten. Seperti membuat catatan, menyelesaikan kuis dan makalah sebelumnya, mengajarkan ke orang lain, mengerti kelemahan diri sendiri.

  1. Belajar untuk semester berikutnya

Jangan dulu berhenti belajar setelah mengevaluasi pelajaran di semester sebelumnya. Terus berfikir maju dengan mempersiapkan diri untuk pelajaran di semester depan. Biasakan diri dengan silabus di semester depan, buat rangkuman apa saja yang akan dipelajari dan pelajari apa yang kira-kira kamu kembangkan dalam mata pelajaran tersebut.

Sekolah Jakarta Multicultural School (JMS) sebagai salah satu International School Jakarta, mengadakan holiday program sebagai alternatif untuk para murid yang merasa kurang efektif saat belajar di rumah untuk datang ke sekolah dan belajar di JMS Language Centre dengan tenaga pengajar yang kompeten dan suasana belajar yang menarik.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.