PERAYAAN HARI PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA DI SEKOLAH JMS

Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB (United Nation atau disingkat UN Day) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hal hukum keamanan internasional, pengembangan ekonomi, perlindungan sosial, hak asasi dan pencapaian perdamaian dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa didirikan di San Fransisco pada tanggal24 Oktober 1945.

Sekolah Jakarta Multicultural School (JMS), sebagai salah satu sekolah internasional terbaik di Jakarta setiap tahunnya ikut merayakan hari perserikatan bangsa-bangsa untuk kembali mengingat sejarah, perjuangan, serta pencapaian PBB yang memiliki dampak luar biasa di setiap sudut dunia.

Serta menjunjung tinggi budaya toleransi yang dapat membantu para siswa mengembangkan pemikiran yang kritis dan penalaran etis untuk melawan pengaruh yang menyebabkan ketakutan dan pengucilan dari orang lain. Keberagaman agama, bahasa, budaya, dan etnis di dunia bukanlah dalih untuk konflik melainkan harta yang memperkaya kita semua.

Perayaan PBB di sekolah JMS tahun ini, dilaksanakan secara daring melalui siaran langsung di sosial media Youtube dan Instagram Jakarta Multicultural School pada 22 Oktober 2021. Dibuka oleh Direktur Sekolah JMS yaitu ibu Edriana Noerdin, yang sekaligus menjelaskan bahwa dalam sekolah JMS terdapat banyak warga sekolah yang memiliki berbagai kewarganegaraan.

Sekolah JMS memiliki komunitas siswa, guru, dan staff yang datang dari berbagai negara dan latar belakang serta budaya yang berbeda, perayaan PBB di sekolah JMS merupakan ajang perayaan multikulturalisme.”

Setelah acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan menonton film berjudul “Aksara, Dawn of a Keeper”. Film ini merupakan karya kolaborasi antara siswa, guru, staff serta orangtua murid. Film ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang melakukan perjalanan untuk mencari nilai nilai kehidupan.. Kemudian ia pergi berkelana keliling dunia seorang diri hingga akhirnya Ia menemukan nilai-nilai tersebut..

Nilai yang di sampaikan pada film Aksara terebut yaitu, kesetaraan (equality) di Amerika Serikat, perdamaian (peace) di India, rasa Hormat (respect) di Jepang, Persatuan (unity) di Prancis, Persahabatan (friendship) di Korea, Empati (empathy) di Afghanistan dan yang tak kalah penting mendapatkan Cinta (love) di negara asalnya, Indonesia. Aksara juga transit di beberapa negara lain dan mempelajari budaya seperti Malaysia, Kanada, Irlandia, Filipina, Ekuador, Sudan, dan Pakistan.

Setelah siswa menonton film Aksara, siswa kembali ke kelas masing-masing dan melakukan aktifitas belajar terkait UN Day di kelas. Karakter film Aksara juga berkeliling ke kelas-kelas untuk memeriahkan kegiatan.

Para siswa SD, SMP, dan SMA JMS sangat antusias mengikuti perayaan hari  PBB di sekolah JMS. Para siswa, guru dan staff berpakaian sesuai dengan kebangsaan masing-masing menambah kemeriahan acara Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengasah bakat para siswa, juga menumbuhkan kepedulian terhadap bangsa dan negara.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.