kuliah di luar negeri

Siapa sih yang tidak ingin kuliah di luar negeri? Bahkan anak kecilpun sudah banyak yang bercita-cita untuk kuliah di luar negeri. Namun faktanya, kuliah di luar negeri ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus kamu dipersiapkan yang akan memusingkan kepala mu. Mulai dari dokumen persyaratan kuliah, visa dll. Tak hanya itu, kamu juga harus beradaptasi dengan budaya baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Pada awal perkuliahan tentu hal ini menjadi saat-saat yang penting bagimu, sekaligus keadaan yang terkadang membuat mu stress. Oleh karena itu kamu perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum kamu kuliah di luar negeri. Berikut tipsnya :

 

  1. Pilihlah jurusan yang paling kamu minati

Memilih jurusan kuliah adalah Salah satu tindakan yang paling krusial dalam hidupmu. Hal ini karena jurusan kuliah yang akan kamu pilih adalah gambaran profesi yang akan kamu jalani di masa depan.

Jangan sampai kamu tidak menyukai jurusan yang kamu pilih, atau kamu hanya asal memilih jurusan karena ingin sama dengan jurusan temanmu. Hal ini tidaklah dibenarkan, perkuliahanmu bisa saja jadi berantakan, Bahkan bisa berakibat fatal sampai di Drop Out (DO).

Oleh karena itu sangat disarankan agar kamu berdiskusi langsung dengan guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolahmu. Tak hanya itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan orang yang berpengalaman dibidang atau jurusan yang kamu inginkan. Dengan meminta pendapat mereka, kamu bisa memikirkan jurusan yang terbaik buatmu.

Selain itu kamu juga harus menghindari memilih jurusan berdasarkan passing grade semata. Jangan sampai kamu tidak menyukai jurusan yang kamu pilih, alhasil kuliahmu pun jadi berantakan.

 

  1. Tentukan kampus pilihanmu

Menentukan kampus pilihan juga merupakan bagian yang krusial. Hal ini karena setiap kampus memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Pilihlah kampus dengan fasilitas terbaik yang menunjang perkuliahanmu. Cari tau juga tentang alumni dari kampus tersebut, dan dimana mereka rata-rata bekerja. Kamu bisa mengecek website QS Top Universities untuk menemukan kampus-kampus terbaik di seluruh dunia.

 

  1. Membuat motivation letter

Motivation letter merupakan sebuah tulisan yang menunjukkan cara kamu berpikir dan kenapa kamu layak untuk menempuh pendidikan di universitas tersebut. Buatlah motivation letter yang menunjukkan satu aspek terbaik yang kamu miliki atau pengalaman terbaik dalam hidupmu.

 

Baca Juga : International High School In Jakarta

 

  1. Mempersiapkan dokumen administrasi

Kuliah di luar negeri tentu harus mempersiapkan banyak hal salah satunya adalah dokumen administrasi. Setiap kampus memiliki persyaratan yang berbeda-beda jadi pastikan kamu mengecek website kampus untuk mendapatkan informasi apa saja yang diperlukan.

 

  1. Belajar beradaptasi

Kemampuan Beradaptasi sangatlah diperlukan ketika kamu kuliah diluar negeri. Hal ini karena perbedaan budaya yang yang cukup mencolok. Tak jarang biasanya mahasiswa yang baru pertama kali kuliah di luar negeri mengalami culture shock. Jadi persiapkan dirimu dari sekarang, cari tau juga tentang kota tempat kamu kuliah dan bagaimana budaya disitu.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk kuliah di luar negri. So, jangan lupa dipersiapkan dari sekarang ya.

Share This Post!

Bergabunglah dengan Pengalaman Kami!

Menjadi bagian dari JMS bukan hanya untuk program belajar yang menyenangkan,
tetapi juga untuk mengembangkan masa depan mereka.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.